all about midwifery

Kamis, 18 April 2013

Kondom



Kondom  
  Menurut riwayatnya, kondom sudah di gunakan di mesir sejak tahun 1350 SM. Baru abad ke 18, sarung ini mendapat nama “kondom” yang pada waktu itu di pakai dengan tujuan mencegah penularan penyakit kelamin.(1)

1. Mekanisme kerja.
Menghalangi masuknya sperma, sehingga pembuahan dapat di cegah.

2. Jenis kondom.
Pada dasarnya ada 2 jenis kondom, yaitu kondom kulit dan kondom karet. Kondom kulit dibuat dari usus domba. Kondom karet lebih elastis dan murah sehingga lebih banyak di gunakan.


3. Daya guna keuntungan
Secara teoritis kegagalan kondom hanya terjadi jika kondom tersebut sobek karena kurang hati-hati, pelumas kurang, atau karena tekanan pada ejakulasi.
Menurut tietze (1960), Pada pasangan subur yang melakukan koitus 120x pertahun dan selalu menggunakan kondom pada setiap melakukan hubungan seksual, maka akan di temukan 10-21 kehamilan perseratus wanita pertahun
     Dalam praktiknya langkah ini lebih tinggi yaitu sekitar 15-36 kehamilan perseratus wanita setahun. Faktor- factor yang berpengaruh antara lain pemakaian yang tidak teratur, motivasi, umur, setatus social ekonomi, pendidikan, dan sebagainnya.

4. Keuntungan.
Beberapa keuntungan kondom ialah murah, mudah di dapat (Tidak perlu resep dokter), tidak perlu pengawasan, dan mengurangi kemungkinan penularan penyakit kelamin.

5. Efek samping.
Pada sejumlah kecil kasus terdapat reaksi alergi terhadap kondom karet.(1)

6. Kontraindikasi.
Alergi terhadap kondom karet.
sumber :Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.
Fb : akbid_ds@yahoo.co.id
www.akbid-dewisartika.ac.id

0 Comments:

Lencana Facebook

masa kecil kuƪ(^⌣^)ʃ ƪ(ˆ⌣ˆ)ʃ ε(•̃⌣•̃)з ƪ(^⌣^)ʃ ƪ(ˆ⌣ˆ)ʃ

masa kecil kuƪ(^⌣^)ʃ ƪ(ˆ⌣ˆ)ʃ ε(•̃⌣•̃)з ƪ(^⌣^)ʃ ƪ(ˆ⌣ˆ)ʃ
 

blogger templates 3 columns | Make Money Online